PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
Faizah M. Nur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pemanfaatan sumber belajar di Sekolah Dasar Kabupaten Bireuen, terutama pada
mata pelajaran IPA di kelas V. Aspek yang diamati adalah variasi pemanfaatan
sumber belajar, frekuensi pemanfaatan sumber belajar, dan ketepatan pemanfaatan
sumber belajar. Penelitian deskriptif kuantitatif
dengan teknik observasi ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kabupaten Bireuen,
sejumlah 10 guru yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan
dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap guru IPA yang mengajar di
kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan tiap aspek dari bagaimana pemanfaatan
sumber belajar yaitu: variasi sumber belajar yang dimanfaatkan masih kurang variatif,
frekuensi pemanfaatan sumber belajar tergolong sangat sering selama pokok
bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan, ketepatan pelaksanaan
pemanfaatan sumber belajar rata-rata kurang baik. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah
hendaknya di setiap sekolah, pemanfaatan sumber belajar lebih ditingkatkan lagi
menjadi lebih bervariasi. Sehingga proses belajar mengajar dapat menjadi lebih
bermakna bagi siswa.
Kata Kunci: Pemanfaatan
Sumber Belajar, Sumber Belajar Kota Bireuen, Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar